Myspace Backgrounds

Saturday, June 6, 2009

CUT, CLARITY, COLOR, CARAT


Berlian !


Benar, tebakan Anda benar. Itu empat hal yang dipakai untuk menilai atau memberi harga pada sebuah berlian. Paling sering orang menilai berlian berdasar pada CARAT.

1 carat = 200 miligram. Berdasarkan informasi yang saya dapat bahwa urutan carat dari berlian yang paling besar adalah The Great Mogul dengan berat 793 carat atau sekitar 15,86 gram.

Kemudian Cullinan I atau biasa disebut The Star of Africa yang dipasang diatas tongkat kerajaan Inggris seberat 530,2 carat atau sekitar 10,60 gram. Posisi ke tiga ditempati oleh Koh-I-Noor yang sekarang menghias mahkota Ratu Elisabeth, berlian ini beratnya 108,93 carat atau sekitar 3,72 gram.

Berapa harga berlian? Katanya US$ 20 ribu per karat. Semahal itu? Itu berarti Cullinan I bernilai diatas US$ 10 juta? Hmmm....

Mengapa bisa demikian mahal. Katanya menurut orang Yunani, berlian yang dibuat dari intan merupakan batu pecahan bintang yang turun dari surga. Intan mempunyai usia 4 milyar tahun. Intan menjadi berharga mahal karena untuk mendapatkannya harus digali sekitar 250 ton batu, baru mendapatkan 1 butir intan. Seringkali pula harus menambang sampai cukup dalam, yaitu sekitar 200 km dibawah tanah dengan suhu ruangan yang sangat panas.

Kemudian urusan CUT. Intan yang berhasil didapat kemudian digosok bagian atas dan bawahnya, baru dipotong segi empat atau empat facet, lalu dipotong lagi menjadi 8 faset. Proses terus dilanjutkan sehingga semua berjumlah 58 faset sesuai standar internasional. Cullinan I atau Star of Africa memiliki 74 faset.

Maka nilai akan ditentukan dari CUT, CLARITY, COLOR dan CARAT. Begitu dengan berlian begitu pula dengan manusia.

CUT
adalah performansi Anda di bidang yang ditekuni.
Apapun bidang yang anda tekuni sekarang, lakukan dengan cara yang paling anda mampu sehingga performansi anda akan terus terlihat baik.
Karena ketika performansi anda tidak begitu baik karena memang sedemikian potensi maksimal Anda, maka akan ada yang memberi komentar. Itu berarti sekali lagi Anda akan cutted agar semakin 'tajam'. Semakin banyak facet Anda maka semakin tinggi pula nilai Anda, bukan?

CLARITY
, milikilah kejelasan dalam bersikap
.
Jangan bingung untuk menentukan sikap Anda. Ketika Anda merasa bahwa sikap yang selama ini Anda pertahankan adalah sikap yang salah, jangan ragu-ragu pula menghentikannya dan mengubahnya sekaligus.
Bagaimana Anda bisa berharap semesta, lingkungan sekitar, teman-teman Anda dapat mendukung Anda, bila Anda tidak memastikan sikap Anda, tidak menjelaskan kepada mereka apa goals Anda.

COLOR
, dalam hal ini mungkin manusia akan sedikit berbeda dengan berlian. Tetapi tetap dalam hal warna. Ketika berlian dinilai berharga tinggi adalah ketika berlian tersebut tidak berwarna.
Manusia justru akan dinilai lebih tinggi ketika punya warna dan bisa memberi warna ketika masuk ke tempat baru
.

Ketika Anda memberi warna untuk tempat baru atau memberi warna baru di tempat kerja lama, maka orang akan tahu dengan Anda. Anda jadi berbeda dengan orang kebanyakan ditempat kerja tersebut.

Sebagaimana sebuah berlian, carat yang berasal dari cut yang tepat. Memberikan 58 faset pada berlian yang menyebabkan CARAT.
Maka cara Anda meningkatkan kemampuan Anda akan berpengaruh pada 'bobot' individu Anda. pelatihan dan pendidikan ditambah pengalaman akan memperbaiki SKILL, KNOWLEDGE dan ATTITUDE Anda.

Jadi, kapan Anda menjadi lebih 'berlian'?

Regards,
DJODI ISMANTO , From nice city of Medan


No comments: