Myspace Backgrounds

Monday, September 3, 2007

Persatuan Wargi Sunda ( PWS ) - Medan

Manusia pada dasarnya adalah bukan mahluk soliter , yaitu mereka selalu bersama - sama hidup berkelompok dan berbangsa - bangsa sejak Nabi Adam AS.
Dalam kelompok dan kumpulannya mereka bisa "
merasa lebih hidup " dalam arti luas saling melengkapi , berbagi dan sama - sama mencari kesamaan dalam bidang kebudayaan , kemasyarakatan , ekonomi , kesenian dll.

Begitulah yang terjadi saat saya diundang pada acara "
Ririungan dan Pengukuhan Pengurus Persatuan Warga Sunda ( PWS ) Medan - Sumatra Utara periode 2007 - 2009 " yang berlangsung hari Minggu kemarin , 02 September 2007 di gedung Kartini - Medan.

Serah terima jabatan pengurus PWS 2007 - 2009
Ir. Rachmat Warganda ( periode sebeleumnya ) sebelah kanan berjabat tangan dengan AKBP Dani Kustoni , ( sebelah kiri ), pengurus PWS yang baru

Sebagai putra Kuningan - Jabar yang telah berdomisili lebih dari 6 tahun di Medan , suasana pertemuan ini memberi nuansa psikologis tersendiri.
Celotehan ala Kabayan yang khas Sunda ber " borokokok " segera terdengar di setiap sudut ruangan , seakan menutuip rindu dengan suasana " Lembur Kuring " di Jawa Barat.
Apalagi pada saat " isi bensin " siang hari , hidangan Tahu Sumedang , Pais Ikan , Sayur Asem serta Gepuk Cirebon terasa begitu pas disantap dengan iringan degung dan tarian Jaipong.
Hari itu benar - benar terasa seperti di Jawa Barat.

Ir. Rachmat Warganda , pengurus PWS periode sebelumnya mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan yang diberikan selama kepengurusannya , dimana juga disebutkan kegiatan - kegiatan yang telah dilakukan selama ini.

Sementara
Muhammad Nuh yang juga anggota DPRD - Medan dari PKS , menyebutkan heterogennya masyarakat Sumut sebagai kunci sukses pembangunan di wilayah ini.
PWS sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan diharapkan dapat berperan serta lebih aktif lagi dalam mensukseskan pembangunan sekarang ini , demikian tutur wakil rakyat yang juga berdarah Sunda asal Banten ini.

Oouups ! Ada yang kelupaan nih . . . ..
Sedikit informasi , PWS - Medan adalah organisasi nirlaba yang menghimpun warga Sunda yang ada di Sumatra Utara.
Organisasi ini sendiri sudah berusia belasan tahun dengan estafet kepemimpinan dari waktu ke waktu.
Kegiatan yang selama ini dilakukan adalah si\osial kemasyarakatan dalam hal pertemuan silaturahmi rutin antar anggota , penggalangan dana bagi korban musibah bencana di Jawa Barat , serta rencana pendirian gedung dan balai kesenian / kebudayaan Jawa Barat di Medan.

Bukan mustahil kegiatan - kegiatan lain bisa diprogram lebih luas lagi dimasa mendatang.
Uniknya , sebagian besar anggota adalah warga Sunda yang kebetulan bertugas / dinas di daerah Sumatra Utara , sementara sebagian lagi adalah warga Sunda yang telah menetap di daerah ini.

Pada pengukuhan pengurus kemarin terpilih
AKBP Dani Kustoni , yang bertugas sebagai Kasat I Narkoba Poltabes Medan sebagai Ketua PWS - Medan yang baru peroide 2007 - 2009.
Putra Majalengka ini telah bertugas lebih dari 6 tahun di berbagai wilayah Kepolisian di Sumatra Utara , dan pada kesempatan temu wicara kemarin menekankan 3 hal yaitu :

1. Membangun komunikasi , pada dasrnya adalah pengenalan dan sosialisasi organisasi lewat berbagai media.
2. Inventarisasi anggota , yang bertujuan menghimpun sebanyak mungkin anggota di Medan - Sumatra Utara.
3. Mengembangkan kegiatan organisasi di bidang kebudayaan , kesenian , usaha dll.

Tidak salah kalau kita dudkung program beliau dalam upaya memajukan organsiasi ini dalam bnetuk peran serta pada kegiatan PWS sekarang dan masa mendatang.
Selamat Bertugas Kang Dani !

Nah , ada pesan buat wargi Sunda Sumatra Utara yang belum bergabung nih :

Keur Balarea Wargi Sunda Nu Nuju Ngumbara Ti Tatar Sumatra Utara , Khususna Medan , Sapiri Umpi Pribados Pengurus Persatuan Wargi Sunda ( PWS ) Wilayah Medan , Nagturkeun Wilujeng Sumping di Medan , Upami Aya Waktos Sareng Rindu Ka Lembur Ti Tatar Pasundan , Mangga Urang Gabung ti Kegiatan PWS.

1. Seketariat di Jl. Setia Budi No. 240 Tanjung Sari - Medan , 061 - 8212836
2. Jl. Karya Wisata , Johor Katelia No. 14 - Medan , 061 - 7868139
3. Via email , sementara ke :
Bpk. Eddy Miraddy , eddy@berlian.co.id
Bpk Dedi Mulya , dedimulya@berlian.co.id

Buat teman lain mohon bantu forward dan sebarkan informasi ini kepada komunitas milis dan warga Sunda yang ada di Sumatra Utara. Hatur Nuhun . . . .

see article on :
http://djodiismanto.blogspot.com/


Djodi Ismanto
Mitsubishi Motors - Group Sumatra Berlian
From nice city of Medan

No comments: