Myspace Backgrounds

Monday, August 13, 2007

Teknik Presentasi Instant ála ABCD



Ada-ada saja anak muda sekarang, berbagai bahasa slank yang unik diciptakan dan mampu mengundang senyum. Kemarin, salah satu sepupu saya pulang dari suatu seminar motivasi yang berharga mahal, sambil bersungut-sungut. Tentu saja mengundang rasa ingin tahu saya untuk menanyakan kenapa ia bersungut-sungut? Dia jawab “Ketik reg : A spasi B spasi C spasi D…., Aduh Bo’ Capek Deeeeeh”. Lho…, maksudnya apa?


Kata “capek deh” semacam itu merupakan ekspresi kejengkelan akan suatu proses yang dirasa membosankan, garing, nyebelin, dan seterusnya. Intinya hanya omong kosong, dan cuma bikin capek saja. Bahkan ada yang lebih lucu cara mengekspresikan kejengkelannya. “Isi BH apa????, Â Tetek deeeeeh!” Ya ampun, plesetannya capek deh. Ada lagi yang bilang “Limapuluh kali dua …., Cepek deeeeeh!”


Fenomena menghadiri seminar semacam itu kerap kali terjadi di luar sana. Seorang motivator terpaksa bicara dalam waktu pendek -demi ngejar argo- mumpung ada yang meminta ngomong. Pembicaraan yang tidak ditata dengan baik, sekalipun isinya mungkin baik. Walhasil, peserta merasa tidak mendapat apa-apa kecuali semangat saat di ruang seminar saja.

Mungkin kalau pinjam istilah Tukul “Bicara kamu itu Singkat, Padat dan Ngawur….! Hehehe”

Bagi rekan-rekan yang berprofesi di dalam dunia seminar atau training motivasi, sering kali kita dihadapkan pada permintaan yang mendadak dari klien :


  • “Saya ingin suatu seminar 1 jam, acaranya besok siang ya Pak.?”
  • “Bisakah Anda mengisi seminar 30 menit dalam acara Sales Gathering untuk memotivasi salesperson kami?”

Tulisan ini akan mengulas mengenai cara membuat presentasi instant untuk suatu durasi 60 menit. Disebut presentasi instant karena tidak perlu waktu lama dalam merancangnya, dan tetap memiliki daya pukau yang kuat.


Di dunia presentasi, salah satu tools yang terkenal untuk membuat presentasi instant adalah Think On Your Feet (TOYF). Jika Anda sudah menguasai TOYF itu, artikel ini akan lebih membantu.


Formula Instant untuk Presentasi Instant
Dalam situasi yang menantang semacam itu, formula berikut bisa anda pakai untuk mempersiapkan suatu seminar, presentasi atau ceramah pendek. Formula ini sangat mudah diingat, namun demikian tatap memiliki efek yang kuat.


           Presentasi Instan = A + B + C + D

Tentunya ABCD ini berbeda dengan Aduh Bo’ Capek Deh yang diuraikan di awal artikel ini. Formula ABCD ini mengandung makna sebagai berikut :


  • A Â Â Â Â Â Â Â Â : Aha!
  • BÂ Â Â Â Â Â Â Â Â : Benefit
  • CÂ Â Â Â Â Â Â Â Â : Contoh-contoh yang impresif
  • DÂ Â Â Â Â Â Â Â Â : Dengan Demikian ….

Penjelasan Formula ABCD

A: Aha!
Awali seminar dengan cara memunculkan pikiran Aha! Yakni kondisi yang mencerahkan, mengagetkan, memelongokan, mengocok perut, dan seterusnya. Kalau teman saya di televisi sering menyebut sebagai “Stop Effect”, teman di dunia entertain sering menyebut sebagai “Wow effect”.Rancang pembukaan Anda dengan memunculkan efek tersebut secara dramatis. Lontarkan suatu pertanyaan yang positif-provokatif, cerita yang mengguncang, pernyataan yang membangkitkan minat, atau kisah yang lucu inspiratif. Hati-hati, jangan sampai terjatuh pada “Ah basiiiiii….” Pastikan cukup genuine ataupun cukup original.Di tahap awal ini dalam istilah NLP adalah break pattern, yaitu memutus suatu pola yang biasa terjadi dalam neurologis pemirsa. Umumnya pemirsa datang ke suatu seminar/presentasi sudah terbiasa pada jenis pembukaan yang standar, adanya perkenalan, basa-basi dan sebagainya. Dengan memberikan pembukaan yang berbeda, anda akan memutus pola neurologis mereka, dan dengan demikian membuat RAS (reticular activator system) mereka terbuka. RAS adalah pintu masuk / jalur antara alam sadar dan alam bawah sadar.Pada saat RAS terbuka, mereka sebenarnya siap dimasuki ide oleh Anda. Ini adalah dasar dari ilmu gendam atau shock hypnosis. Putuskan suatu pola, pada saat yang tepat masuki dengan suatu perintah/ide.

B : Benefit
Begitu RAS bisa Anda buka, cepat-cepat Anda beralih ke tahap dua ini sebelum RAS tertutup lagi loop-nya. Loop tertutup apabila pemirsa merasa sudah mendapat jawaban sendiri atau kehilangan daya tarik karena terlalu lama tidak dimanfaatkan oleh pembicara dengan baik.

Pada tahap ini jelaskan secara mantap apa pentingnya mendengarkan presentasi ini bagi audiens. Di sini Anda menjual manfaat (Benefit) pada pendengar agar mereka bepikir “Apa untungnya bagi saya mendengarkan Anda?”


Anda pasti masih mengingat metaprogram Arah Motivasi (lihat di artikel Metaprogram), disebutkan ada dua arah motivasi manusia (moving toward dan moving away). Ada manusia beraksi atas dasar ingin mengejar sesuatu (moving toward) dan ada yang beraksi dalam menghindari sesuatu (moving away).


Nah, bahas alasan dari dua sudu pandang ini. Apa manfaatnya presentasi Anda untuk pendengar, dan apa ruginya bagi yang tidak mendengarkan informasi ini. Bahas secara elegan dan inklusif (memasukkan audiens dalam pembicaraan Anda).


C
: Contoh kasus / ide
Di sinilah bagian utama pembicaraan Anda, ide pokok yang ingin Anda sampaikan pada pemirsa. Paparkan 3 contoh/ide untuk menggambarkan poin B di atas. Gunakan data-data sebagai ilustrasi, jika tidak punya data gunakan kisah yang memiliki kekuatan metaforik.


Jumlah contoh jangan terlalu banyak, paling ideal adalah 3, jika waktu Anda panjang bahas tiga contoh itu masing-masing menggunakan 3 sub contoh lagi. Ini adalah teknik yang biasa dipakai oleh TOYF, yakni memilah ide menjadi 3 bagian presentasi secara sistematik. Sebutlah istilahnya adalah MECE : Mutual Exclusive, Comprehensive Exhausted. Artinya “setiap ide harus terpisah satu sama lain, dan keseluruhan ide harus secara lengkap membentuk konsep”.

Anda dapat memilah ide secara waktu : Sebelum, ketika, sesudah. Misal sebelum menggunakan mesin X, saat menggunakan mesin X dan rencana setelahnya. Demikian pula bisa memilah ide dengan menggunakan cara lain semisal : Ide Pro, Ide Kontra, Jalan Keluar yang paling baik.

Ide sistemik akan membuat pendengar lebih mudah mengorganisasikan dalam pikiran mereka. Membentuk jalur neurologis secara lebih mudah dan cepat, dan memiliki pola tertentu.


D
: Dengan Demikian
Setelah selesai Anda menguraikan dengan sistemik, lakukan penutupan dengan diakhiri suatu saran untuk bertindak. Dimulai dengan kata “Dengan demikian, pada saat Anda nanti mengalami…..”

ni yang namanya “future pacing”, yakni bawa pendengar ke suatu situasi/kondisi tentatif di masa datang. Future pacing adalah kegiatan semacam ‘mental rehearsal’ yang dilakukan tanpa disadari oleh pemirsa. Tunjukkan pada suatu situasi dimana pemirsa akan memerlukan apa yang Anda baru saa jelaskan.


Gunakan kata-kata yang motivatif untuk mempraktekkan apa yang Anda sarankan pada bagian sebelumnya. Kapan mereka harus melakukan, berikan beberapa contoh situasi secara gamblang (vivid). Contoh yang gamblang akan membuat jalur neurologisnya menjadi semakin kuat.


Demikian, semoga artikel ini menjadi vitamin yang menyegarkan dihari-hari saat Anda harus memberikan presentasi/seminar pendek. Jangan sampai audien Anda mulai berkata “Pak Ogah banget…., cepek deeeeeh!”


Regards,
From nice city of Medan

2 comments:

Anonymous said...

Salam sukses Pak...
Terima kasih artikel saya sudah dimuat di sini.

Anonymous said...

Pak Djodi dan Pak Ronny,
Terima kasih sekali ya atas tips2nya, singkat dan bermanfaat pastinya..
Aku spread artikel ini ke temen-temen kantor, karena kami anak2 pemula ini mau mengadakan seminar dan saya rasa ini bisa jadi masukan bagi kami semua...

Sukses untuk semua..