Myspace Backgrounds

Tuesday, May 15, 2007

GAMES

MENYUSUN KARTU MUKA 4

TUJUAN :

Bisa digunakan untuk beberapa tujuan, diantaranya :

1. Menimbulkan kesadaran (insight) pentingnya pembuatan laporan.

2. Melihat dinamika kelompok (pengganti cerita tersesat di hutan, bulan, dsb.)

3. Pemecahan masalah – pencapaian tujuan

Untuk Pentingnya pembuatan laporan :

Umumnya tenaga lapangan dan juga yang di belakang meja, agak enggan membuat laporan. Laporan dianggap tidak penting. Kenyataannya, tanpa laporan yang baik, games ini sulit diselesaikan. Bila ada laporan bisa selesai dalam waktu 2 - 5 menit. Tanpa laporan akan memakan waktu yang cukup panjang (pernah 2 jam lebih).

PELAKSANAAN GAME :

Peserta bisa 8 orang atau 12 orang per kelompok besar. Kita ambil yang 12 orang per kelompok

Kelompok A : total 12 orang dibagi menjadi kelompok :

A.1. 3 orang A.2. 3 orang

A.3. 3 orang A.4. 3 orang

Masing-masing kelompok kecil (kel. A.1; A.2; A.3; dan A.4.) diminta membentuk bujur sangkar dari 9 buah kartu yang ada (sebelum dibagikan, kartu dikocok terlebih dahulu), selanjutnya mereka diminta untuk menyusun kartu-kartu tersebut.

Kelompok A.1. hasil akhirnya :

Kelompok A.2. hasil akhirnya :

Kelompok A.3. hasil akhirnya :

Kelompok A.4. hasil akhirnya :

Biarkan mereka menyusun. Penyusunan 9 kartu menjadi bujur sangkar sedang ( 3 x 3 ) bisa dilaksanakan dalam waktu relatif singkat. Mereka yang selesai membentuk bujur sangkar sedang, akan merasa gembira, merasa bisa, dan ingin membantu kelompok lainnya.

Bagi yang sudah selesai beritahukan mereka bisa melaksanakan pengecekan ulang atau coba lihat sepuasnya. Bila ada kelompok kecil yang mendapat kesulitan dan lama tidak selesai, perbolehkan kelompok yang sudah selesai untuk membantunya.

Bila semua telah selesai, mintakan agar bujur sangkar sedang dari masing-masing kelompok digabung menjadi bujur sangkar besar dengan aturan dan ketentuan yang sama. Hasilnya :

Setelah mereka melihat, minta mereka mengumpulkan kartu seakan permainan selesai. Sekarang kocoklah ke 36 kartu tersebut. Kembalikan kartu-kartu tersebut ke kelompok besar (Kel. A) yang beranggotakan A1, A2, A3, dan A4, semuanya 12 orang. Minta mereka menyusun ulang ke 36 kartu tersebut menjadi bujur sangkar besar (6 x 6). Minta dan tanyakan kepada mereka sanggup menyelesaikannya dalam waktu berapa menit

Umumnya penyusunan ke 36 kartu menjadi stau bujur sangkar besar ini makan waktu lama. Biarkan kelompok berusaha. Penyelsaian sebenarnya bisa di bawah 5 menit dan bisa sampai 2 jam tidak terselesaikan. Dalam hal ini proses penyelesaiannya bisa digunakan untuk menilai DINAMIKA KELOMPOK.

Bila sudah cukup lama masih tidak terselesaikan, berikan catatan (laporan) di kertas bekas yang jelek dan kusut mengenai susunan kartunya, misalnya :

sebagian diantaranya (A.4.) masih perlu disusun ulang. Penyelesaian tetap akan berjalan cepat. Hal ini terjadi karena adanya catatan (laporan) walau laporan tersebut tidak lengkap. (Laksanakan melalui diskusi kelompok faktor penghambat dan pendukung penyelesaiannya. Tekankan peran laporan dalam penyelesaian tugas yang dihadapi)

Untuk tujuan :

2. PEMECAHAN MASALAH DAN PENCAPAIAN TUJUAN

Setelah cukup lama tidak terselesaikan, laksanakan diskusi yang berpedoman pada teori Problem Solving Decision Making (Kepner & Tregue)

1. ANALISA SITUASI

2. ANALISA PERSOALAN

3. ANALISA KEPUTUSAN

4. ANALISA PERSOALAN POTENTIAL

Langkah-langkah pemecahan masalah dan pencapaian tujuan :

Ketahui variable berperan dalam penyusunan ke 36 kartu tersebut :

Jawabya adalah : Nomor/Angka, semua ada 10 angka dari 0 – 9

Letak /posisi ada 4 Kiri – Kanan - Atas - Bawah

Apa yang dapat dijadikan pedoman ?

Cari angka yang di kiri ada, di kanan tidak ada : berarti letaknya di lajur paling kiri.

Angka yang di kanan ada, di kiri tidak ada : berarti letaknya di lajur paling kanan

Angka yang di atas ada, di bawah tidak ada : berarti letaknya di baris paling atas

Angka yang di bawah ada, di atas tidak ada : berarti letaknya di baris paling bawah.

Dengan demikian kita punya pedoman berupa kerangka (frame). Selanjutnya dari frame yang terbentuk, kita isi mulai dari sudut-sudut kerangka (frame) tadi sampai selesai.

Terima kasih

No comments: