Myspace Backgrounds

Friday, June 22, 2007

JADIKAN MASA LALU SEBAGAI PELAJARAN



Setiap yang bernafas hari ini pasti pernah memiliki masa lalu. Masa lalu yang alur ceritanya dapat dipastikan tidak akan sama pada setiap orang. Terkadang, sebagian orang selalu menyalahkan masa lalu yang menurutnya menyebabkan keadaannya hari ini menjadi tidak diliputi ketentraman dan kebahagiaan namun tidak segera menyadari bahwa banyak hikmah yang terkandung di dalamnya untuk dapat diambil pelajaran (Ibroh).

Masa lalu tidak sepenuhnya harus kita buang dan dikubur. Memang sesungguhnya sudah dapat dipastikan bahwa ia tak akan pernah kembali. Namun, dengan adanya masa lalu, kita bisa berevaluasi untuk dapat berbuat yang terbaik dan lebih baik pada hari ini sebagai bekal untuk masa depan.

Harapan setiap orang untuk masa depan yang menjanjikan adalah bermula hari ini. Bagi seorang mukmin, ia akan senantiasa menjadikan waktu-waktunya sebagai ladang amal kebaikan dimanapun ia berada. Ia senantiasa memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk kebaikan, baik dalam perkara dunia maupun akhirat. Ia bukanlah seorang yang apatis, yang hanya pasrah dengan keadaan namun tidak berbuat sama sekali. Masa lalu tidak membuatnya menjadi berlarut-larut dalam kesedihan, melamun dan berangan-angan bagi keadaan masa kini dan masa datang. Jika pernah melakukan kekhilafan, maka itu dijadikan sebagai pelajaran untuk melangkah dalam kebaikan hari ini sebagai rasa penyesalan dan sebagai penebus kekhilafan-kekhilaf annya dengan mengharap rahmat dan ampunan serta kerinduan akan surga yang telah dijanjikan Allah SWT .

Berbeda dengan golongan yang penuh dengan lamunan dan angan-angan, yang menorehkan keburukan di masa lalunya, tidak menjadikannya sebagai pelajaran, namun hari ini tidak ada rasa penyesalan dan usaha perbaikan lalu mengharapkan balasan yang terbaik di masa depan.

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan petunjuk bagi kita serta menjadikan kita termasuk dalam golongan yang pertama.

Wallahu a'lam
__._,_.___

No comments: