Myspace Backgrounds

Thursday, April 19, 2007

CUSTOMER SATISFACTION



Customer Satisfaction


" Memberikan pelayanan lebih dari hal yang diharapkan pelanggan merupakan
kunci sukses suatu interaksi atau bisnis."

Seperti biasanya pagi hari saat perjalanan menuju kantor dari daerah rumah di kawasan Johor -
Medan , saya selalu mencari koran nasional yang juga terbit di Medan.
Biasanya saya beli dari pengecer di daerah lampu merah Simpang Titi Kuning ( Deli Tua ) kearah Tanjung Morawa Medan , bukannya ngga mau berlangganan ke agen koran yang note bene harganya lebih murah , namun pelayanan serta service yang diberikan si pengecer koran membuat saya tidak bisa berpaling hati darinya.

Seperti kebiasaannya yang sudah – sudah , ia selalu hapal nomor polisi , serta kebiasaan antri mobil saya di lajur 2 lampu merah.
"Selamat pagi Pak , ini korannya" sementara ia sigap melihat uang yang saya sodorkan , untuk segera memberi kembalian sesuai dengan jumlah yang harus diberikannya , tidak lupa dia kemudian berkeliling mobil saya dan segera menginformasikan kalau ada yang kurang beres , ban yang agak kempes atau lampu rem yang cuma menyala sebelah.
Sangat hebat untuk seorang pengecer koran di lampu merah.
Namun pagi hari ini sangat luar biasa sekali , setelah memberikan kembalian pembayaran dari saya , dia langsung lari kepinggir jalan , kemudian dia kembali lagi membawa karung kecil.
“ Pak , ini untuk Bapak dan keluarga dirumah , rambutan di kebun saya di Binjai sedang panen “, katanya sambil tersenyum. Agak terperanjat saya mendengarnya , lalu dia berkata lagi “ Semua pelanggan saya juga kebagian kok “ katanya sambil menunjuk tumpukan karung buah rambutan yang ia tumpuk dipinggir jalan.

Belum lagi saya mengucapkan terimakasih karena masih terbengong - bengong , dia sudah menyambut pelanggan lain dan melakukan lagi hal yang sama seperti diatas.

Dari penjual koran eceran di lampu merah
kota Medan , saya mendapatkan ilmu luar biasa tentang Customer Satisfaction dan Marketing , yang mungkin secara teori otak kita sudah dapat banyak pelatihan , training , seminar serta gathering tentang CS , sementara hati kita belum juga bergerak melaksanakannya.
Itulah sebabnya untuk berlangganan koran saya belum berpaling ke lain hati.


Regards,
DJODI ISMANTO
Mitsubishi Motors - Group Sumatra Berlian
From nice city of
Medan

1 comment:

Anonymous said...

luar biasa... nice story